Public Relations 02 Okt 2012

  1. Rumusan definisi Humas

Humas adalah suatu lembaga yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar yang bertujuan untuk mendapatkan citra positif dan dukungan dari publiknya. Pada hakekatnya makna dari “hubungan masyarakat” (humas, kehumasan, public relations) adalah prilaku atau sikap untuk menjadi tetangga dan warga yang baik (to be a good neighbour and citizen). Kemudian point – point definisi humas yang menekankan pada upaya untuk membangun dan memelihara hubungan antara orang dan khalayak yaitu sbg berikut :

Bagian Humas mempunyai ruang lingkup meliputi bidang humas, kearsipan, perpustakaan, komunikasi dan informatika serta protokol.
1. memberikan pelayanan administrasi dalam menyelenggarakan tugas-tugas hubungan Pemerintah Daerah dan msyarakat
2. mengkoordinasikan pemberitaan baik melalui media cetak dan elektronik guna memperjelas kebijakan pimpinan Pemerintah Daerah serta mendistribusikan bahan-bahan penerbitan;
3. mengkoordinasikan pengumpulan informasi dan dokumentasi kegiatan pejabat dan pemerintah daerah;
4. menyiapkan bahan koordinasi pembinaan, pengendalian dan penyusunan petunjuk teknis kegiatan keprotokolan;
5. mengkoordinasikan perencanaan dan pengembangan sistem informasi yang berkaitan dengan penerapan e-government.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas Bagian Humas mempunyai fungsi :
1. pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan pelaksanaan hubungan masyarakat;
2. pengkoordinasian pemberitaan acara/kegiatan melalui media cetak dan elektronik;
3. penyiapan bahan-bahan dalam rangka penyelenggaraan keterangan Pers atau konfrensi pers;
4. pengkoordinasian pengembangan prosedur informasi publik interaktif;
5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan sesuai dengan tugas dan fungsinya.


2. Perbedaan Humas dan Marketing

Marketing Adalah salah satu bidang dalam sebuah organisasi yang dalam hal ini adalah perusahaan.tugas dan fungsi marketing adalah sebagai lembaga yang langsung melakukan penetrasi pasar terhadap customer atau segmen pasar yang sedang digarap oleh perusahaan dengan menawarkan produk yang dihasilkan. Dengan kata lain marketing dalam hal ini berhadapan langsung dengan custumer dan dengan tegas akan merekrut segmentasi pasar ini untuk menjadi custumer sekaligus dengan kata lain marketing selalu dikejar target, dimana target itu harus tercapai. Dan lingkup nya berada di perusahaan-perusahaan.

Hubungan masyarakat adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat. Humas adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga tersebut maupun masyarakat yang terkait.

Jadi point – point nya adalah :

Humas Marketing
- lingkup kerjanya mayoritas di dalam instansi - lingkup kerjanya mayoritas di dalam perusahaan
- humas baik di lingkup pemerintahan maupun di perusahaan bertugas memfasilitasi, mewakili dan memberi informasi - bersifat mencari keuntungan (Profit Oriented)
- sebagai penghubung / jembatan - selalu dikejar target dalam bekerja
- program kerjanya lebih tersusun, terinci dan terencana dengan baik - selalu berhubungan dg costumer


3. Perbedaan Humas, Publicitas dan Iklan

Humas adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat.

Publicitas adalah penempatan berupa, tulisan, foto, atau tayangan visual yang sarat nilai berita baik karena luar biasa, penting, atau mengandung unsur-unsur emosional, kemanusiaan, dan humor) secara gratis dan bertujuan untuk memusatkan perhatian terhadap suatu tempat, orang, orang, atau suatu institusi yang biasanya dilakukan melalui penerbitan umum.

Iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat luas dan khalayak ramai tentang produk dan atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan dan siap untuk dipindahkan hak kepemilikannya melalui proses jual beli.
Jadi point – point nya adalah :

Humas Publicitas Iklan
- lingkup kerjanya mayoritas di dalam instansi - beritanya rutin - bergantung pada daya beli untuk mendapatkan pesan di seberang
- humas baik di lingkup pemerintahan maupun di perusahaan bertugas memfasilitasi, mewakili dan memberi informasi - artikel yang dimuat / features meliputi aktivitas social perusahaan - pesan yang dimuat dalam iklan biasanya unik dan membuat orang lebih tertarik
- sebagai penghubung / jembatan - Artikel liputan ini biasanya berkaitan dengan wacana yang akan digulirkan oleh organisasi untuk memperoleh tanggapan - biaya pembuatan iklan lebih besar dan tertentu dari pada publisitas.
- program kerjanya lebih tersusun, terinci dan terencana dengan baik - Alat utama publisitas adalah press release, atau rilis berita - secara flekibilitas lebih tinggi iklan dari pada publisitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s